Thursday, August 22, 2013

Kesehatan Anak Bisa Terganggu Dengan 11 Kebiasaan Buruk Ini. Simak Ya!


Taken from:
Pelangi Mizan


August 20, 2013 at 4:07pm
Yuk Bu, kenali 11 kebiasaan yang ternyata bisa mengganggu kesehatan anak. Ayo,waspadai sejak dini, Bu!
1. Suka Ngemil Makanan ManisKebanyakan cemilan mengandung gula berlebih dan ini sangat disukai oleh anak-anak pada umumnya. Gula yang terkandung di dalamnya akan menjadi kalori yang tidak dibutuhkan oleh si anak. Mulai ganti minuman bersoda mereka dengan air putih, biasakan memakan cemilan seperti biskuit low fat atau buah-buahan segar.

2. Suka Mengigit Kuku
Kebiasaan menggigit kuku akan menyebabkan infeksi pada kulit sekitar kuku. Bisa saja anak menggigit kuku karena bosan atau stres. Lebih baik, kamu memberikan perhatian lebih kepada si kecil jika dia sudah mulai melakukan kegiatan buruk ini ya, Bu. Ajak anak bicara mengenai penyebab dia doyan gigit-gigit kukunya. Bantu dia keluar dari masalah atau pikiran yang mengganggu sehingga aktivitas menggigit kuku ini akan berhenti.

3. Mengupil di Depan Umum
Mengupil merupakan kegiatan yang umum namun sangat jorok dilakukan di depan umum. Masalahnya adalah dengan mengupil akan menyebarkan bakteri di hidung dan juga dapat menyebarkan bakteri kepada anak lainnya. Ajari si kecil untuk menggunakan tisu dan mencuci tangan sehabis mengupil. Selain itu jika ingin mengupil, ingatkan si kecil agar melakukannya di tempat tertutup, jangan di muka umum.

4. Doyan Melek Hingga Larut Malam
Tidur yang kurang akan berakibat pada masalah perilaku dan penurunan nilai akademik si kecil lho. Kebiasaan menonton film horor atau  film  action bisa membuat si kecil makin sulit tidur. Jadi lebih baik tidak menonton film dengan kedua genre tersebut. Berdasarkan The National Sleep Foundation, anak di bawah usia 5 tahun membutuhkan 11 – 13 jam waktu tidur, sedangkan usia 5 – 10 tahun membutuhkan 10 – 11 jam serta remaja membutuhkan 8 – 9 jam. Biasakan untuk mematikan televisi, lampu kamar dan ciptakan suasana tenang menjelang jam tidurnya. Jangan biasakan anak melakukan aktivitas lewat jam tidurnya ya, Bu.

5. Ingin Mencoba Diet
Anak berusia 10 – 12 tahun kerap mulai mencoba diet dan kadang melakukan diet berlebihan. Menurut The Journal of The Academy of Nutrition anak biasa melakukan diet jika melihat orangtuanya biasa berdiet rutin. Hati-hati ya Bu! Jelaskan sejak awal kepada si anak bahwa lebih baik menjauhi junk food dan perbanyak makan sayur serta buah. Dengan demikian kamu sekeluarga bisa tetap hidup sehat tanpa perlu berdiet.

6. Melewatkan Sarapan
Anak lebih sering melewatkan sarapan dibanding jam makan lainnya. Padahal ini bukan kebiasaan baik. Melewatkan sarapan akan mengarah pada berat badan berlebih dan membuatnya memilih makan berlebih di jam makan berikutnya. Hal ini juga berefek membuat anak susah berkonsentrasi dalam belajar dan menerima informasi. Jadi, bangunkan anak selalu lebih pagi dan biasakan ia untuk memakan sarapannya hingga habis sebelum beraktivitas.

7. Tidak Mencuci Tangan
Bukan rahasia lagi dengan mengajar anak untuk rajin mencuci tangan bisa mencegah dia terkena berbagai penyakit. Tapi terkadang mereka malas melakukannya. Yuk, ajari anakmu sejak kecil untuk biasa mencuci tangan sebelum makan. Setelah terbiasa bersih biasanya mereka akan merasa kotor jika tidak mencuci tangan setelah melakukan sesuatu.

8. Terlalu Sering Menonton Televisi
Meski sudah banyak penelitian yang dikeluarkan mengenai efek buruk menonton televisi, namun hal ini tidak bisa hilang begitu saja dari daftar kegiatan sehari-hari si kecil. Salah satu studi yang digelar Universitas Montreal mengungkap bahwa semakin sering anak menonton televisi dan bermain video games akan menyebabkan si anak sulit fokus dan lemah dalam olahraga outdoor di masa depan. Jadi yang perlu ibu lakukan sekarang ini batasi aktivitas menonton siaran televisi. Caranya jangan meletakkan pesawat televisi di kamar anak dan melarang menonton tivi  televisi selama jam makan.

9. Malas Menyikat Gigi
Karena gigi si kecil masih gigi susu maka kamu meremehkan pentingnya menyikat gigi mereka. Wah, jangan begitu ya Bu. Karena sejak usia 6 bulan, anak sudah bisa terkena infeksi bahkan ini menjadi awal mula gigi berlubang hingga dewasa nanti. Jadi mulai biasakan si kecil menyikat giginya 2x sehari dan wajibkan untuk menyikat gigi sebelum tidur ya bu.

10. Membawa Ransel  Terlalu Berat
Sebuah penelitian yang dilakukan  The Journal of Pediatric Orthopedics menyatakan bahwa 64% anak berusia 11-15tahun mengalami masalah sakit punggung karena membawa beban berlebih di pundaknya. Selain itu kebiasaan menyilangkan atau menumpu beban di salah satu lengan juga berakibat sangat buruk. Jadi jangan biarkan si kecil menggunakan tas silang atau ransel yang terlalu berat ya bu. Kontrol isi tasnya agar tidak menjadi beban berlebih.

11.Suka Pilah-Pilih Makanan
Si kecil hanya mau makan makanan yang itu-itu saja dan menolak menu lain yang kamu tawarkan? Memang ada fase tertentu, ketika anak merasa cukup nyaman memakan makanan yang sudah jelas ia sukai. Namun hal ini tidak bisa dibiarkan terus menerus. Jika anak sudah menunjukkan tanda-tanda seperti itu segera berikan menu-menu lain dan lakukan berkesinambungan. Agar anak tertarik untuk mencoba makanan lain. Hal ini penting bagi kelengkapan nutrisi dan gizi seimbang si anak ya bu.



No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget