Wednesday, February 4, 2015

The Great Gatsby


Film ini  dibuat pada tahun 2013 dengan sutradara Baz Luhrmann, dan dibintangi oleh Leonardo DiCaprio sebagai Gatsby, Tobey Maguire sebagai Nick Carraway,Carey Mulligan sebagai Daisy Buchanan, Joel Edgerton sebagai Tom Buchanan (suami Daisy), and Elizabeth Debicki sebagai Jordan
Baker. Film ini merupakan adaptasi dari novel F. Scott Fitzgerald yang dibuat pada tahun 1925.

Oh, how I hate this (tragically ended) story. Tapi ini adalah film yang wajib ditonton, terlebih lagi saya sudah membaca bukunya.

Jadi untuk melihat bagaimana bukunya diwujudkan, saya penasaran ingin melihat bagaimana kisahnya disajikan di dalam film. Jadi, saya pun menonton film ini. Dan kalau memang Anda ingin melihat Leonardo DiCaprio beraksen aneh, tontonlah film ini! :-D

Setiap kali kita membaca buku, kita tentu memiliki bayangan tersendiri bagaimana tokoh cerita itu jika dia terwujud sebagai manusia nyata. Dan di film ini, tokoh-tokohnya diwujudkan dengan sangat pas, persis seperti yang saya bayangkan dan harapkan. Mungkin Anda bisa setuju dengan saya, atau bisa juga tidak. Tapi bagi saya, saat mendengar desas-desus bahwa buku ini akan difilmkan, dan Leonardo DiCaprio akan berperan sebagai Gatsby, serta Tobey Maguire berperan sebagai Nick Carraway, maka sempurnalah perwujudan kedua tokoh tersebut di mata saya. Leonardo DiCaprio adalah Gatsby. Gatsby adalah Leonardo DiCaprio. Dan Tobey Maguire adalah Nick Carraway. Dan Nick Carraway adalah Tobey Maguire.

Begitulah Gatsby. Leonardo DiCaprio memerankannya dengan sangat baik. Seperti biasa, dia memang selalu berperan dengan sangat baik di dalam film-filmnya. Anda akan melihat Leonardo yang lain daripada yang lain. Bagaimana ya menjelaskannya… Mungkin Anda harus membaca bukunya sendiri lalu menontonn filmnya untuk memahami maksud saya. Dan begitu pula (the lame) Nick Carraway. Tobey Maguire juga memerankannya dengan baik.

Film ini mewujudkan semua detail yang diceritakan di buku. Tidah hanya tentang tokoh-tokohnya, tapi juga semua setting-nya. Bahkan kalimat-kalimatnya pun persis sama dengan yang ada di buku. Jika saat membaca bukunya, Anda tidak bisa membayangkan semeriah apa hingar-bingar pesta Gatsby yang luar biasa, maka film ini menyajikannya dengan baik.



Jika Anda tidak bisa membayangkan apa yang dilihat Nick saat masuk ke ruang tengah pertama kali keluarga Buchanan saat angin meniup semua tirai putihnya, Anda bisa melihatnya di film ini.

The Great Gatsby
Jordan Baker (berdiri), Tom Buchanan (duduk di kursi), dan Daisy, Nick, serta seorang pelayan (di latar belakang)

Jika Anda tidak bisa membayangkan seaneh apa ruang tengah Nick yang dihias Gatsby dengan bunga-bunga untuk menyambut Daisy, di film ini Anda bisa melihatnya.



Jika Anda tidak bisa membayangkan seaneh apa mobil kuning klasik Gatsby yang telah dimodifikasi, di film ini mobil itu diwujudkan menjadi nyata.


Bedanya, di buku, Nick Carraway "bercerita" kepada pembaca. Sedangkan di film, dia bercerita kepada seorang psikolog yang ditemuinya karena dia mengalami masalah-masalah psikologis seperti stres dan insomnia. Masalah yang Nick alami setelah dia mengalami kejadian yang luar biasa. Kejadian yang melibatkan Gatsby. Hanya Nick yang tahu duduk perkara sebenarnya dari awal. Dan hanya Nick yang tahu kebenaran yang ada hingga akhir.

Beginilah ceritanya...

Nick Carraway, seorang penjual obligasi, pindah ke West Egg di Long Island dan menyewa sebuah rumah kecil yang terletak di sebelah mansion besar milik seorang pria misterius bernama Jay Gatsby.

Tak berapa lama setelah kepindahannya, Nick pergi ke rumah sepupunya, Daisy Buchanan, istri dari Tom Buchanan. Tom adalah teman kuliah Nick semasa di Yale. Tom adalah seorang pria yang kasar. Di sana, Nick bertemu dengan seorang gadis cantik tapi "menakutkan"--versi Nick, bernama Jordan Baker. Jordan adalah seorang pegolf terkenal.

Saat Jordan bertanya di mana Nick tinggal, dan Nick bilang di West Egg, Jordan pun menduga Nick pasti mengenal Gatsby. Karena memang tidak ada orang yang tidak mengenal Gatsby. Tapi Nick tidak tahu, walaupun dia bilang dia tinggal di sebelah mansion besar yang mungkin milik dari pria bernama Gatsby tersebut.

Daisy bertanya dengan campuran mimik yang penasaran dan sedih, "Gatsby? What Gatsby?"
Tapi pertanyaannya tak terjawab saat itu.

Saat makan malam Tom mendapatkan telepon, dan Jordan berbisik pada Nick bahwa itu pasti wanita simpanan Tom. Malam itu, Daisy juga sempat menceritakan ketidakbahagiaannya sebagai seorang istri.

Beberapa hari kemudian Tom mengajak Nick untuk pergi ke New York, tapi Tom malah berhenti di tengah jalan dan mampir ke bengkel milik George Wilson dan istrinya, Myrtle. Tom kemudian mengajak Nick pergi ke sebuah apartemen, yang ternyata merupakan tempat Tom dan Myrtle biasa bertemu. Myrtle-lah wanita simpanan Tom selama ini.

Meskipun Nick merasa bersalah karena Daisy adalah sepupunya, tapi posisi dia terjepit karena Tom memaksanya untuk tinggal. Akhirnya mereka mengadakan pesta kecil aneh dan minum-minum bersama dengan seorang sepupu Myrtle serta sepasang suami istri yang tinggal di bawah apartemen mereka.

Akhir pekan itu, seperti biasa Gatsby melangsungkan pesta mewah. Dia mengadakannya setiap akhir pekan. Semua orang hadir di sana, dari pejabat sampai mafia. Dari selebriti terkenal sampai orang-orang gypsi. Semuanya datang dan tumpah ruah di sana. Semuanya muncul tanpa diundang. Mereka datang begitu saja. Hanya Nick Carraway-lah satu-satunya orang yang mendapatkan surat undangan resmi dari Gatsby sendiri.

Lucunya, sebagian besar dari orang yang hadir di pesta itu tidak mengetahui yang mana tuan rumah bernama Gatsby dan belum pernah bertemu dengannya. Siapa Gatsby, dari mana asalnya, dan bagaimana latar belakangnya. Berbagai spekulasi beredar mengenai Gatsby. Ada yang mengatakan bahwa Gatsby adalah mata-mata Jerman, ada pula yang menyebutkan bahwa dia adalah seorang pangeran, bahkan pembunuh. Yang jelas, orang super kaya yang selalu melangsungkan pesta setiap akhir pekan tanpa alasan yang jelas ini, kekayaannya jelas-jelas dimanfaatkan oleh semua orang.

Malam itu, Jordan Baker juga muncul di sana. Nick berbincang dengan seorang pria tak dikenal dan Nick membicarakan omongan buruk orang tentang Gatsby. Tapi ternyata, pria asing yang mengajak Nick berbincang itu ternyata adalah Gatsby. Ternyata Gatsby masih muda dan tampan. Jauh dari bayangan Nick semula yang menyangka kalau Gatsby itu sudah lebih tua dan gemuk.

Saat Jordan sedang bersama Nick, Jordan tiba-tiba dipanggil oleh Gatsby ke perpustakaan. Jordan heran. Beberapa lama kemudian dia kembali sambil berkata, "Aku tahu sekarang. Aku mengerti semuanya sekarang."
Nick bertanya kenapa, tapi kata Jordan, dia sudah berjanji kepada Gastby untuk memegang rahasia tersebut. Nick ditinggalkan dalam keadaan penasaran.

Setelah pesta tersebut, Nick berkali-kali diundang Gatsby ke pestanya dan bermain di pantai pribadinya. Suatu kali Gatsby mengajak Nick bermobil ke New York, menggunakan mobil kuning Gatsby yang telah dimodifikasi. Selama di perjalanan, Gatsby menceritakan latar belakangnya kepada Nick. Bahwa dia adalah putra dari keluarga kaya, tapi semua keluarganya meninggal, jadilah dia mewarisi semua harta mereka. Gatsby juga merupakan seorang veteran perang yang sangat berjasa hingga dia mendapatkan penghargaan.

Di New York, Nick diajak Gatsby ke sebuah klub rahasia dan diperkenalkan kepada pria misterius bernama Meyer Wolfsheim.

Sore itu, Gatsby mengatur Nick untuk minum teh bersama Jordan. Dan dari sinilah semua rahasia terbuka dan malapetaka berawal.

Should I even tell the whole story? heuheuheu....
Mending tonton sendiri kali ya (atau baca bukunya), biar lebih seru... ;)

No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget