Wednesday, May 27, 2015

Tips untuk Penulis dan Penerjemah Pemula


  1. Baca kembali artikel yang sudah ditulis untuk mengecek typo dan keterbacaan (rasa enak dan tidaknya).
  2. Perhatikan EYD. Pastikan Anda menggunakan bahasa sasaran yang baik, benar, efektif, dan sesuai kaidah yang berlaku. Cek penulisan kata-kata yang Anda ragukan di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). KBBI online bisa dibuka di http://kbbi.web.id/ KBBI offline bisa diunduh gratis di: http://ebsoft.web.id/kbbi-offline-1-5-1-perbaikan-masalah-…/ 
  3. Hindari penggunaan kata-kata yang itu-itu saja. Variasikanlah agar tidak monoton.
  4. Perhatikan penulisan kata-kata yang perlu menggunakan huruf kapital dan yang tidak perlu.
  5. Hindari pemborosan kata. Jangan terus-menerus mengulang-ulang pengertian/penjelasan yang sama dari sebuah istilah yang sudah dijelaskan sebelumnya. Cukup satu kali saja di awal-awal. 
  6. Buat kalimat sesederhana mungkin. Jangan terlalu panjang. Penggal saja menjadi kalimat baru.
  7. Penulisan kata-kata berbahasa Inggris dan bahasa-bahasa asing lainnya pada artikel berbahasa Indonesia, harus selalu dimiringkan.
  8. Bedakan penggunaan "di" yang merupakan kata sambung, dan "di-" yg merupakan awalan. Contoh "di" sebagai kata sambung (penulisan dipisahkan): - di muka, di depan, di atas, di rumah, di kota, di mana, di sana, di sini, di antara, di saat, di waktu, di sela, di dalam, di sekitar---> "di" di sini menunjukkan "tempat." Contoh "di-" sebagai awalan (penulisan disatukan): - disatukan, dipisahkan, dibawa, dipukul, diinjak, dilampirkan, disampaikan, dibuat.
  9. Hal yang sama berlaku untuk “ke” dan “ke-“
  10. Huruf-huruf yang luluh saat bertemu awalan: "K, P, S, T" saja. Selain itu tidak. Contoh: > kontrak --mengontrak, pasang -- memasang, sita -- menyita, tolak -- menolak.
  11. Huruf "C" tidak luluh saat bertemu awalan. Ingat: yang benar adalah "menCintai" bukan "meNYintai."
  12. Hindari penggunaan kata "atau, mungkin, dll., dsb." yang terlalu banyak, karena itu menunjukkan kebimbangan, ketidakpedean, atau ketidaktahuan lebih jauh.
  13. SEBELUM tanda seru, tanda tanya, tanda titik, tanda koma, tanda titik dua, tanda kurung, tanda kutip, tanda strip, dll, TIDAK BOLEH ADA spasi.
  14. Kata "pun" yang bermakna "juga" penulisannya DIPISAHKAN, seperti pada "atau pun, aku pun, begitu pun."
  15. Gunakan kata "tidak" alih-alih "tak." Gunakan kata "dia" alih-alih "ia."
  16. Jangan mengandalkan editor untuk memeriksa keakuratan tulisan Anda, pilihan kata Anda, typo, atau format pengetikan. Lakukanlah sendiri. Periksa sendiri. Rapikan sendiri. Bersihkan sendiri. Make it clean. Semakin baik kualitas tulisan Anda, semakin Anda dicari klien. If it's good for them, it'll be good for you too.
  17. Jangan melenceng dari deadline yang sudah ditetapkan.

No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget