Monday, August 18, 2014

Menaklukkan Writer's Block

Mengerjakan buku dalam jangka waktu yang lama kadang membuat saya bosan dan letih. Jam kerja saya panjang dan satu pekerjaan biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk diselesaikan, mulai dari mingguan sampai bulanan. Tapi apa mau dikata, memang inilah pekerjaan saya: menerjemahkan, mengedit, atau menulis iseng. Jadi mau tidak mau, saya harus mencintai dan menikmatinya.

Bagi saya, pekerjaan yang saya lakukan harus selalu dibuat menyenangkan. Karena kalau pekerjaan itu sudah tidak lagi menyenangkan, kita tidak akan bekerja dengan maksimal, malah stres, atau lebih parah lagi, kita mengalami sesuatu yang disebut dengan "writer's block," alias "mentok ide."

Untuk mengatasi mentok ide, saya melakukan berbagai macam cara yang menyenangkan. Dan bagi saya, sesuatu yang menyenangkan itu adalah hobi. Jadilah saya orang yang memiliki hobi segunung, mungkin karena saking seringnya saya mengalami mentok ide. Ya, hobi saya banyak. Mulai dari jalan-jalan, memotret, wisata kuliner, crafting, menanam bunga, membuat sketsa, melukis bersama anak saya, memasak, menonton, dan beberapa hobi lainnya.

Menyelingi pekerjaan dengan hobi ini bisa menghilangkan stres, menyegarkan otak, dan menumbuhkan semangat serta ide baru. Prinsipnya, selingannya tidak perlu jauh-jauh dan tidak perlu mahal-mahal. Kadang saya hanya berjalan-jalan di sekitar kompleks, melihat-lihat dan memotret bunga-bunga liar bersama anak saya. Dan saya akan membiarkan anak saya tertawa-tawa karena berhasil menakuti saya dengan bunga yang mirip ulat. Kadang saya akan pergi ke halaman rumah untuk mencabuti rumput dan menyiram bunga sambil sesekali mencipratkan sepercik air kepada kucing saya untuk menonton reaksinya yang berjingkat lucu. Kadang saya akan mencoba memasak resep-resep baru, tak masalah jika hasilnya nanti ternyata gosong. Ya, cobalah untuk menikmati hidup, menikmati hobi, menikmati pekerjaan, dan apa pun yang sedang Anda lakukan.

Setelah pikiran saya kembali jernih, saya akan kembali duduk di depan monitor dan mulai bekerja lagi.
Kuncinya, buatlah pekerjaan Anda jadi senyaman dan semenyenangkan mungkin bagi diri Anda sendiri. Bekerjalah dengan serius, tapi tetap bersenang-senanglah di sela pekerjaan.

No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget