Monday, January 11, 2016

Dusun Bambu Family Leisure Park: Masuk Murah, Menginap Mahal


Gazebo-gazebo kayu tradisional di tepi danau sepertinya merupakan ikon Dusun Bambu yang paling terkenal. Siapa yang tidak ngiler melihat saung-saung Restoran Purbasari yang cantik ini sambil makan lesehan di tepi danau? Membayangkan piknik di pagi hari, lalu memandang danau dengan pantulan keemasan sinar matahari pagi.... aaah, tentu akan menjadi liburan yang sangat menyenangkan. 


Dan tentu saja, Anda juga bisa menikmati matahari tenggelam di dermaganya. Lagi-lagi dengan cahaya matahari senja yang cantik seperti pada foto di atas. Atau, jika belum terlalu sore, Anda bisa bersampan di danaunya dengan sampan Sangkuriang.


Ikon Dusun Bambu yang terkenal lainnya adalah tempat makan berupa sarang burung yang diberi nama Lutung Kasarung. Sarang burung ini berada di atas pohon buatan, dan Anda bisa ke sana menggunakan skywalk. Tempat makan ini memang penampilannya seperti sarang burung, karena dipasangi ranting-ranting dan tanaman rambat di sekelilingnya. Tapi jangan khawatir, di dalamnya ada sofa dan meja yang nyaman untuk duduk-duduk dan makan. Untuk bisa menggunakan tempat ini, Anda harus memesan makanan dahulu di kafenya.


Mari kita lanjutkan perjalanan dan menjelajah sedikit ke atas. 

Selain cottage, Dusun Bambu juga menyediakan camping ground yang sangat nyaman dan cantik, yang bernama Sayang Heulang (sarang elang). Anda tinggal datang dan menginap di tenda-tenda nyaman yang sudah disediakan. Anda juga bisa membuat api unggun di perapian yang sudah ada di sana. Jika Anda berkemah di sini, Anda bisa melihat city view Bandung di bawah sana. Tentu dengan gemerlap lampu kota. Dan di sisi lain, Anda bisa menikmati kelap-kelip bintang di antara daun-daun pohon pinus yang menjulang tinggi. Sangat menenangkan.


Selain Restoran Purbasari, Lutung Kasarung, dan camping ground Sayang Heulang, ada bermacam-macam fasilitas lainnya di Dusun Bambu. Ada kafe Burangrang, sejumlah villa nyaman di Kampung Layung, savana Arimbi dengan padang bunga aneka warna, Pasar Khatulistiwa tempat membeli souvenir etnik dan makanan, arena panahan, playground kayu, beberapa stan permainan anak, sungai kecil dengan jembatan cantik, tenda-tenda putih tempat beristirahat, dan pesawahan. 



Harga tiket masuk ke Dusun Bambu ini sangat murah, yaitu hanya Rp10.000,00 per orang. Itu pun sudah bisa Anda tukar dengan sebotol air minum. Di sini Anda juga bisa biking dan hiking. Tapi untuk menginap dan menikmati semua fasilitas lainnya, Anda harus merogoh kantong dengan cukup dalam.

Untuk kemping, Anda akan dikenakan tarif mulai Rp1.700.000,00++ untuk single camping deck (1 tenda, 2 kasur, taman privatapi unggun & fasilitas BBQ), dan RP2.500.000,00++ untuk double camping deck (2 tenda, 4 kasur, taman privatapi unggun & fasilitas BBQ)

Sedangkan untuk menginap di Kampung Layung, tarifnya berkisar:
- Village Residence: RP2.500.000,00++
(1 kamar tidur, ruang tamu, dapur kering, dapur kecil, taman privat, api unggun & fasilitas BBQ).
- Deluxe Village Residence: RP2.750.000,00++
(1 kamar tidur, ruang tamu, dapur kering, dapur kecil, taman privat, api unggun & fasilitas BBQ).
- Family Village Residence: RP3.750.000,00++
(2 kamar tidur, ruang tamu, dapur kering, dapur kecil, taman privat, api unggun & fasilitas BBQ).

Jadi persis seperti yang saya tulis di judul, "masuk murah, menginap mahal." 


Tapi jangan khawatir, jika Anda tidak ingin menginap, Anda bisa berjalan-jalan sepuasnya di sini. Dusun Bambu adalah tempat wisata alam yang sangat menarik dan cantik untuk dikunjungi. Terutama untuk Anda yang hobi berfoto. Ini adalah surga bagi para pecinta foto dan pecinta alam. Ada banyak spot cantik untuk berfoto. Yang saya maksud dengan "banyak" adalah "sangat banyak." Nyaris di semua tempat.

Jadi, siapkan waktu Anda, siapkan uang Anda, dan segeralah berangkat ke Dusun Bambu Family Leisure Park yang beralamat di Jl. Kolonel Masturi KM 11, Situ Lembang, Cisarua, Bandung.

Selamat berwisata! :)

No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget