Thursday, August 26, 2010

Signora Da Vinci

By: Sri Noor Verawaty

Signora Da Vinci
Judul: Signora Da Vinci
Penulis: Robin Maxwell
Penerbit: Lentera Hati
Tanggal Terbit: Februari - 2010

Aku sudah membaca buku ini beberapa bulan sebelumnya. Buku yang sangat tebal dengan bahasa yang sangat nyastra. Memang agak melelahkan untuk membaca dan mencernanya. Terlebih lagi nama-nama Italia yang membuat keningku berkerut demi mengingat tokoh yang mana berperan apa. Hingga suatu hari aku melihat sebuah acara di History channel berjudul Da Vinci’s Tech.

Seperti sebuah pencerahan. Pikiranku langsung mengungkap kembali berbagai data yang ada dalam Signora Da Vinci. Membandingkan buku fiksi tersebut dengan acara dokumentasi nonfiksi. Nama-nama tokoh, tempat, dan karya-karya Leonardo Da Vinci dalam buku ternyata sangat akurat. Aku terlonjak girang setiap kali narasi dalam acara Da Vinci’s Tech menyebutkan nama tokoh, penemuan, atau sesuatu yang aku ingat ada di buku. Saat itu, barulah aku menyadari bahwa penulis buku Signora Da Vinci ternyata melakukan riset yang sangat hebat. Meski judulnya Signora Da Vinci dan banyak menyitir kehidupan ibunda Da Vinci, namun dengan bumbu-bumbu fiksi yang membalutnya, tanpa sadar aku telah membaca biografi The Great Leonardo Da Vinci dalam buku tersebut, seperti mendapatkan kuliah filsafat lengkap saat membaca buku Dunia Sophie.

Sri Noor Verawaty

No comments:

Post a Comment