Thursday, June 23, 2011

Heidi

By: Sri Noor Verawaty

Judul: Heidi
Penulis: Johanna Spyri
Penerjemah: Leo Sabath
Penerbit: Bentang
Tanggal Terbit: Januari 2010


Heidi adalah buku yang cukup terkenal, jadi saat aku melihat judul tersebut, aku langsung menyambarnya. Ini adalah sebuah buku klasik bersetting pegunungan Alpen yang mengisahkan seorang gadis kecil yatim piatu bernama Heidi.

Semula Heidi tinggal di Frankfurt dan dirawat oleh bibi dan neneknya, namun karena neneknya meninggal, Heidi pun terpaksa diserahkan kepada satu-satunya kerabat dia dari ayahnya, yaitu seorang kakek tua pemarah yang tinggal nun jauh di gunung.

Heidi yang periang dan baik hati ini membuat si kakek pemarah melunak. Dia juga berteman baik dengan Peter, seorang penggembala miskin dan ibu serta neneknya yang hampir buta. Heidi menjadi penghibur bagi mereka semua.

Suatu hari Heidi diambil kembali oleh bibinya dan dibawa ke Frankfurt untuk menemani Klara, seorang gadis kaya cacat seusianya. Lagi-lagi Heidi yang baik hati ini berhasil menjadi penghibur dan menjalin persahabatan dengan si gadis cacat tersebut.

Buku ini memiliki karakteristik cerita dongeng, tokoh utamanya memiliki karakter yang baik namun selalu malang. Si tokoh utama melewati berbagai rintangan dan dia bisa membawa angin kebaikan ke sekelilingnya. Untuk orang dewasa, kisah Heidi ini cukup klise dan agak membosankan. Tapi untuk anak-anak, dongeng ini memberikan banyak pesan moral yang baik.

Seperti dongeng pada umumnya, kisah Heidi tentu saja diakhiri dengan nasib baik bagi tokoh utama dan tokoh-tokoh protagonis lainnya… “And they live happily ever after.” Klise.

Sri Noor Verawaty

No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget