Saturday, January 27, 2018

Dunia Penulisan Artikel Konten Belum Seglamor Dunia Penerjemahan Dokumen


Dunia penulisan artikel konten memang tidak seglamor dunia penerjemahan dokumen.
Ini adalah pengetahuan yang aku sadari saat mendirikan Kontenesia. Ini pula yang menjadi basis bagi kami (Anggi, Nurul, dan aku) untuk mulai mengubahnya.
Aku rasa, di bidang apa pun selalu ada pihak-pihak yang dengan sengaja membanting harga demi mendapatkan klien. Mengambil [untung] yang sedikit dari [jumlah klien] yang banyak. Bekerja keras, alih-alih bekerja cerdas.

Suatu kali di awal merintis, Anggi memberiku tautan ke sebuah situs marketplace terbuka luar negeri yang berisi segala macam bidang kerja freelancer, termasuk bidang kepenulisan, perjemahan, dan ilustrasi. Dia bilang, "Kita mau bikin yang kayak gitu."
Aku mulai melihat-lihat, terutama bagian harga, dan langsung berteriak, "Nooo!"

Setiap jasa yang ditawarkan hanya diberi upah $5. Aku langsung membandingkannya dengan dunia penerjemahan dokumen yang untuk satu kata saja rata-rata tarif menengah saat itu sudah US$0.08 (tarif agensi internasional. Tarif lokal sekitar Rp500,- per kata).
Bayangkan, di situs luar negeri tersebut,  untuk sebuah jasa, misalnya menulis artikel sepanjang 500 kata (sekitar 1 halaman setengah, ukuran A4), kamu hanya dibayar $5.
Sedangkan para penerjemah dokumen dibayar 500 kata x $0.08 = US$40. Jauh sekali. Delapan kali lipatnya.
Atau untuk harga lokal: 500 kata x Rp500 = Rp250.000.

Namun, di luar dunia penerjemah elite berharga wah, ada pula penerjemah-penerjemah yang membanting harga sampai ke level yang menyedihkan.
Dan seperti halnya di dunia penerjemahan, di bidang kepenulisan pun sistem "banting harga" ini berlaku. Kami menyurvei banyak kompetitor. Harga mereka ada yang mulai di angka Rp3.000 untuk artikel sepanjang 300 kata. Ini juga miris.
Aku tidak berani membayangkan seperti apa kualitas yang dihasilkan dari karya yang diupah seharga mi instan. Sedih! Sebuah artikel itu ditulis dari hasil pemikiran. Dan sudah selayaknya hasil pemikiran itu dihargai dengan lebih baik.


Jasa penulis artikel yang kami buat tidak boleh seperti itu!
Dan kami memulai dengan cukup gila. Harga yang kami tetapkan tingginya berkali-kali lipat dari harga kompetitor. Ada klien yang mau? Ada ternyata! Orang-orang yang mencari kualitas, karena inilah yang kami jual. Kualitas, kepuasan konsumen, dan integritas.

Harga kami memang masih belum seglamor harga di dunia penerjemahan dokumen, tetapi kami berusaha untuk menghargai karya intelektual penulis dengan lebih layak. Mudah-mudahan ke depannya bisa lebih baik lagi. Amin.

No comments:

Post a Comment