Friday, November 9, 2018

Kuliah Jumat Kontenesia: Penggunaan Koma dalam Kalimat

Materi Kuliah Jumat bersama penulis Kontenesia:
1. Koma dipakai untuk memisahkan 3 atau lebih kata, frasa, atau anak kalimat yang ditulis secara berurutan.
Contoh: Kristal membeli mangga, pisang, dan jambu dari Pasar Minggu.
Contoh lain:
Dzerlin: Menu di restoran itu terdiri dari sate kambing, gulai kambing, dan tengkleng. [versi yang baru ditraktir makan sate]
Ade: Ada yang punya permen, kue-kue kecil, atau nasi Padang? [versi yang lapar]
Gianni: Aku, kau, dan si dia.
Mita: Aku suka kamu, kamu, dan kamu.
Verra: Aku akan membeli sapi, kambing, dan kuda. [versi peternak]

2. Koma dipakai sebelum kata hubung “tetapi, melainkan, dan sedangkan”
Contoh: Maksud hati pengen liburan, tetapi apalah daya rekeningku berkata lain.
Contoh lain:
Ade: Saya ingin sekali tertawa, tetapi disuruh diam.
Putri: Aku ingin membunuhmu, tetapi aku kasihan pada keluargamu. [versi psikopat]
Mita: Aku mencintai kamu, sedangkan kamu mencintai dia. Bisa apa aku? [versi curhat]
Arief: Saya mapan, sedangkan dia misquen. [versi membandingkan diri dengan pacar barunya si mantan]

3. Koma dipakai kalau anak kalimat diletakkan di depan.
Contoh lain:
Gianni: Meski getir, hidup memang harus tetap dijalani. [berdasarkan kisah nyata, sepertinya]
Verra: Ketika aku datang, dia pergi. [dia sepertinya sedang menghindari kamu]
Arief: Jangankan untuk bertemu, memandang pun saja sudah tak boleh. [Kata Ghea, ini versi ta'aruf] You sing, you lose!

4. Koma dipakai di belakang kata penghubung antarkalimat seperti “oleh karena itu, jadi, dengan demikian, sehubungan dengan itu,” dan “meskipun demikian”.
Contoh: Panci merah muda itu memang sangat cantik. Jadi, Mba Ade pun tergiur untuk membelinya.”

5. Tanda koma dipakai sebelum dan/atau sesudah kata seru dan kata sapaan.
Contoh kata seru: Waduh, para editor memang cantik-cantik, ya! Awas, ga boleh ga setuju, lo, nanti kena surat cinta!
Contoh kata sapaan: Aku lihat-lihat dari tadi kamu makan mulu, Mus?

6. Tanda koma dipakai buat memisahkan petikan kalimat langsung.
Contoh:
“Suaminya Tika itu pilot,” kataku kepada suami.
“Aku juga pilot,” timpal suamiku. “Pilot drone…”
Aku: “Wew!”

7. Tanda koma dipakai buat memisahkan nama dan alamat.
Contoh: Revin tinggal di Banjar, Kalimantan.

8. Tanda koma dipakai di antara nama orang dan gelas akademisnya.
Contoh: Ade, SS.

9. Tanda koma dipakai sebelum angka desimal.
Contoh:
Rp1.000
IPK-nya cuma 1,2.
Ini kebalikan dari penggunaan koma dalam bahasa Inggris-Amerika.
Contoh:
- $1,000 >> $1.000 (kalo kamu nulisnya tetep $1,000 > dalam bahasa Indo ini dibacanya jadi 1 dolar
- 50.7 degrees >> 50,7 derajat
- 30.5 gram >> 30,5 gram

10. Tanda koma dipakai buat mengapit keterangan tambahan (kalimat aposisi, kata Mba Ade).
Contoh: Mba Ade, yang memiliki stok meme segudang, ternyata memang seorang distributor meme!
Kalau dalam bahasa Inggris, biasanya digunakan tanda “sengkang” (tanda strip panjang “—“).
Contoh lain:
Tika: Sasha, anak mbak Tika yg paling besar, suka sekali makan mi goreng.
Gianni: Mba Kristal, yang memesona, ternyata adalah seorang kutu buku.

11. Tanda koma dipakai di belakang keterangan untuk menghindari salah baca/salah pengertian.
Contoh: Atas perhatian Saudara, kami ucapkan terima kasih.

Cara untuk menaruh tanda koma dalam kalimat:
- Coba baca kalimat yang kalian buat dan di tempat kalian menarik napas, letakkanlah tanda koma.
- Coba baca kalimat yang kalian buat dengan lantang, dan di tempat nada suara kalian menurun, letakkanlah koma.

-------

Sumber dan tautan penting:
- https://puebi.readthedocs.io/en/latest/tanda-baca/tanda-koma/
- http://ramdayanisiti.blogspot.com/2013/02/kata-penghubung-interkalimat-antar.html

Daaaaaaannnnnnnnn.............. :D :D

Oke, udah beres semua ya... :)8:38 pm
Makasih banyak buat kehadiran & partisipasinya. Semoga kita bisa ketemu 
di Kuliah Jumat berikutnya...8:38 pm
Terima kasih banyak buat kuliahnya.8:38 pm
Yang ga hadir kuliah, silakan manjat ke atas buat baca2.8:38 pm
Terima kasih. Minta tanda tangan buat kartu kuliah8:39 pm
*tanda tangan* :D8:40 pm
KristalLho bubar8:43 pm
Habis dr warung8:43 pm
Kuliah ko ke warung??8:44 pm
LAPARrrr8:44 pm
katanya tadi izin ke WC? ternyata malah cari makan ke warung8:46 pm
biasanya di warung ada kelas. Ini berdasarkan kisah nyata8:48 pm
Eh, udah bubar, ya?  Maap Mbak Sri Noor Verawaty, tadi aku tinggal ke WC... :D

2 comments:

  1. Saya boleh ikutan kelas di sini kan, Bunda @sri Noor Verawaty? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dong :) Di Forum Kontenesia juga boleh. Udah daftar kan?

      Delete